Cari Blog Ini

Selasa, 08 Februari 2011

cek

CEK

Cara Mencairkan Cek / Check Di Bank dan Tempat Lainnya - Tips Tricks Panduan Nyairin Cek Mudah Adsense, Chitika, Amazon, Dsb

suatu cara pembayaran yang menginstruksikan suatu lembaga keuangan, misalnya bank, untuk membayar sejumlah nilai tertentu dengan mata uang tertentu dari rekening tertentu - milik pemberi instruksi - pada lembaga tersebut. Baik pihak pembayar maupun penerima pembayaran dapat berupa individu maupun badan hukum.


Bagi anda yang sering berbisnis dengan kolega atau partner di luar negeri bisa saja menerima pembayaran dalam bentuk cek tanpa menunjuk bank tempat pencairan dana. Di samping itu bagi teman-teman yang suka berburu $ dollar di internet mungkin akan mendapatkan pembayaran dari program cari duit di internet dalam bentuk cek yang dikirim ke alamat rumah, kantor, sekolah, kampus, dan lain sebagainya yang ada di Indonesia. Pencari uang dollar di internet biasanya mendapatkan cek dari program google adsense, chitika, amazon, bidvertiser, adbrite, adult friend finder, affiliate programs / program afiliasi dan lain sebagainya.
Untuk mendapatkan dan bisa membelanjakan uang hasil jerih payah tersebut tentu saja cek yang didapat dari program mencari dollar harus dicairkan terlebih dahulu ke bank di dekat sekitar kita yang dapat melakukan pencairan cek tersebut atau melalui jasa perantara atau calo cek yang dapat mencairkan cek dalam waktu yang sangat cepat yaitu satu atau beberapa hari saja dengan biaya yang terjangkau. Yang perlu dipersiapkan untuk cairin cek dari luar negeri adalah cek yang sesuai nama kita di tanda pengenal seperti ktp, sim, kk dan paspor. Lalu jangan lupa kita harus punya account di bank tempat kita hendak mencairkan cek tersebut baik rekening yang sudah dibuka cukup lama atau rekening yang baru dibuka tergantung persyaratan masing-masing bank yang bersangkutan. Kemudian tanda pengenal seperti ktp, sim, kk dan paspor beserta fotokopinya jika diminta. Dan yang terakhir adalah bawa duit atau uang tunai / cash / kontan kalau bank minta dibayar di muka sebelum transaksi dilakukan.
Berikut ini adalah beberapa list / daftar bank yang berdasarkan pantauan penulis bisa mencairkan cek dari luar negri beserta syarat pencairannya dari banyak sumber :
1. Bank BCA
- punya rekening tahapan bca (jarang bisa) atau rekening giro
- umur rekening tidak dibatasi
- fee bank bca $10 - $30
- proses 1 bulan atau lebih
2. Bank Citibank
- punya rekening yang saldo buka rekening minimal puluhan juta
- proses pencairan cek bisa 2 minggu sampai 1 bulan
- fee sekitar $10
3. Bank BNI
- fee $10 sampai $20
- punya rekening di bni
4. Bank Niaga
- fee pencairan cek $5 saja (mungkin bisa ada potongan tambahan)
- proses bisa memakan waktu 3-5 minggu
- umur rekening tabungan kita harus di atas 6 bulan (ada juga yang bisa tanpa harus umur 6 bulan lebih)
5. Bank BII
- fee sekitar 300 ribu per transaksi cek
- proses 1 sampai 2 bulan
6. Bank Panin
- feenya cuma $10
- proses sekitar 3-4 minggu
- fee tambahan dari citibank $0.1
7. Bank Mandiri
- Fee per cek kurang lebih $24 atau 300 ribu
- punya rekening bank mandiri
8. Bank Lippo / Lippobank
- fee dari bank lippo sekitar 25ribu sampai 30 ribu
- fee di luar lippobank sekitar 200 ribuan
- proses kurang lebih 1 bulan
- umur rekening mungkin harus berusia 1 tahun
9. Bank NISP
- fee $5 atau 0.125% dari nominal cek
- proses sekitar 1 bulan
NB : Sebaiknya anda tanya-tanya dulu ke bank yang bersangkutan untuk mendapatkan kepastian.
Bagi anda yang tidak sabar ingin menapatkan uang anda dari cek, maka anda dapat menukarkan atau menyairkan check tersebut ke perantara atau calo cek di situs www.kioscek.com yang pasti dengan ada biaya atau fee ekstra yang mungkin lebih besar daripada biaya yang ditagih oleh bank pada anda. Kios cek dapat mencairkan uang anda yang ada dalam cek dalam yang sangat cepat yaitu dalam tempo satu atau dua hari saja tergantung situasi dan kondisi. Yang pasti bila cek yang dicairkan memiliki nominal yang besar maka akan lebih menguntungkan bila ditukarkan ke bank dibandingkan ke kioscek.
Kioscek bertempat di Bali dan memiliki npwp dan alamat yang aktif sebagai tempat bisnis. Selain bisnis calo cek kilat 1 hari, kioscek juga berbisnis e-gold changer atau tempat penukaran ecurrency egold dengan rupiah. Sebaiknya anda menggunakan rekening bank bca atau bni untuk menerima pembayaran dari kioscek agar lebih cepat proses pengiriman uangnya. Bagi anda yang berminat menukarkan cek anda dengan uang cash di rekening bank anda anda cukup melakukan langkah berikut ini :
1. Daftar account baru di www.kioscek.com
2. Isi data diri anda di account kioscek
3. Isi formulir pencairan cek jika mau nyairkan cek anda
4. Kirim cek yang sudah anda ditandatangani beserta surat kuasa dan fotokopi ktp 2 lembar
5. Konfirmasi pengiriman cek ke nomor telepon / hp kioscek
6. Setelah cek mereka terima dan valid, saldo bank anda akan bertambah dengan potongan fee sekitar kurang lebih 7-10%
Note Tambahan :
Mungkin anda akan menemukan bank yang nggak ngerti sama cek yang anda bawa bisa jadi orang bank sana pada emang tidak mengerti atau tidak mau ambil susah dan ambil pusing mencairkan cek anda. Mereka akan geleng-geleng kepala menolak mencairkan check yang anda bawa. Atau bisa juga policy atau persyaratan pencairan cek berbeda-beda dari satu cabang bank dengan cabang yang lainnya. Good luck for indonesian $ hunters.

KHARAKTERISTIK CEK YANG DITERBITKAN PERBANKAN
** Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran contoh Cek dalam Ketentuan SE Warkat No 8/35/DASP tgl 22 Des 2006 perihal Warkat Debet dan Dokumen Kliring serta Percetakannya pada Perusahaan Percetakan Warkat dan Dokumen Kliring (PPWDK) dalam Penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional. SE Warkat ini mencabut SE sebelumnya tahun 2004 perihal yang sama

perkiraan akun




A. Harta / Aset / Aktiva
Harta adalah benda baik yang memiliki wujud maupun yang semu yang dimiliki oleh perusahaan. Klaim atas harta yang tidak berwujud disebut ekuitas / equities yang dapat mendatangkan manfaat di masa depan.
1. Harta Lancar / Aktiva Lancar / Current Assets
Harta lancar adalah harta yang berbentuk uang tunai maupun aktiva lainnya yang dapat ditukarkan dengan uang tunai dalam jangka satu tahun.
Contoh : piutang dagang, biaya atau beban dibayar di muka, surat berharga, kas, emas batangan, persediaan barang dagang, pendapatan yang akan diterima, dan lain sebagainya.
2. Harta Investasi / Aktiva Ivestasi / Investment Assets
Harta Investasi adalah harta yang diinvestasikan pada produk-produk investasi untuk mendapatkan keuntungan.
Contoh : Reksadana, saham, obligasi, dan lain-lain.
3. Harta Tak Berwujud / Intangible Assets
Aset tak berwujud adalah harta yang tidak memiliki bentuk tetapi sah dimiliki perusahaan dan dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
Contoh : Merk dagang, hak paten, hak cipta, hak pengusahaan hutan / hph, franchise, goodwill, dan lain sebagainya.
4. Harta Tetap / Aktiva Tetap / Fixed Assets
Harta tetap adalah harta yang menunjang kegiatan operasional perusahaan yang sifatnya permanen kepemilikannya.
Contoh : Gedung, mobil, mesin, peralatan dan perlengapan kantor, dan lain-lain.
5. Harta Lainnya / Other Assets
Harta lain adalah perkiraan atau akun yang tidak dapat dikategorikan pada harta atau aset di atas baik dalam bentuk aset tetap, aset investasi, aset tak berwujud dan aset lancar.
Contoh : Mesin rusak, uang jaminan, harta yang masih dalam proses kepengurusan yang sah, dan lain-lain.
B. Kewajiban / Hutang / Pasiva / Liabilities
Hutang adalah kewajiban perusahaan pada pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang pada umumnya dalah pembayaran uang, penyerahan barang maupun jasa pada waktu-waktu tertentu.
1. Hutang Lancar / Kewajiban Lancar / Current Liabilities
Hutang lancar adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam tempo satu tahun.
Contoh : hutang dagang, beban yang harus dibayar, hutang dagang, hutang pajak, pendapatan diterima di muka, dan lain sebagainya.
2. Hutang Jangka Panjang / Long-Term Liabilities
Hutang jangka panjang adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari setahun.
Contoh : Hutang hipotek, hutang obligasi yang jatuh tempo lebih dari setahun, hutang pinjaman jangka panjang, dan lain sebagainya.
3. Hutang lain-lain / Other Payable
Perkiraan atau akun ini digunakan untuk mencatat hutang lain yang tidak termasuk pada hutang lancar dan hutang jangka panjang.
Contoh : uang jaminan, hutang pada pemegang saham, dan lain sebagainya.
C. Modal / Capital
Modal adalah hak milik atas kekayaan dan harta perusahaan yang berbentuk hutang tak terbatas suatu perusahaan kepada pemilik modal hingga jangka waktu yang tidak terbatas. Rumus modal adalah harta atau aset dikurangi dengan kewajiban atau hutang.
Contoh Modal : modal disetor, prive, modal komanditer, laba ditahan, agio saham, saham preferen & biasa, simpanan-simpanan, sisa hasil usaha atau shu, dan lain sebagainya.
Tambahan :
- Rumus Aktiva ---> Aktiva = Kewajiban + Modal

JENIS UANG




A. Bentuk-Bentuk Uang Disertai Arti Definisi / Pengertian
1. Uang Fiat / Uang Token
Uang fiat adalah uang yang nilai nominalnya jauh lebih tinggi daripada bahan pembuat uang tersebut. Uang tersebut menjadi berharga karena pemerintah dan masyarakat telah sepakat untuk menerima uang tersebut dengan nilai tertentu. Contoh : uang Rp. 50.000,- biaya produksinya mungkin tidak sampa Rp. 20.000 perlembarnya, namun lembaran uang tersebut memiliki nilai sama dengan emas senilai Rp. 50.000,-.
2. Uang Komoditas
Uang Komoditas adalah uang yang nilai bahan pembuatnya / komoditas bahan sama dengan nilai nominal uang tersebut. Contoh : Jaman dulu perunggu, perak dan emas dijadikan sebagai alat tukar transaksi ekonomi yang nilainya berbeda-beda satu sama lain di mana emas lebih tinggi dari perak dan perak lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan perunggu.
3. Uang Hampir Likuid Sempurna
Uang hampir likuid sempurna adalah suatu aset yang dapat dijadikan sebagai uang namun tidak semua pelaku ekonomi mau menerima sebagai alat pembayaran karena harus ditukarkan lebih dulu dengan uang likuid (uang fiat dan komoditas) jika ingin digunakan pada seluruh pelaku ekonomi. Contohnya seperti cek yang dapat dipakai di beberapa tempat sebagai alat pembayaran yang dapat dicairkan menjadi uang sungguhan.
B. Macan dan Jenis- Jenis Uang Disertai Arti Definisi / Pengertiannya
1. Uang Kartal
Uang kartal adalah uang yang dijadikan sebagai alat transaksi sah dan wajib diterima seluruh masyarakat pada perekonomian. Uang kartal umumnya berbentuk uang kertas dan uang logam yang di Indonesia dibuat oleh Bank Indonesia selaku bank sentral yang diberi hak tunggal mencetak yang / hak oktroi. Uang dilindungi oleh Undang-Undang di mana pelaku pemalsuan uang diancam oleh hukuman denda dan kurungan penjara. Contoh uang kartal seperti uang logam Rp. 100,- uang kertas Rp. 1.000,- dan lain sebagainya.
2. Uang Giral
Uang giral adalah suatu tagihan pada bank umum yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dan transaksi yang sah dan masyarakt tidak wajib menerima pembayarannya. Uang giral dapat dibilang mudah, aman dan praktis karena dalam melakukan transaksi di mana seseorang tidak perlu menghitung dan membawa banyak uang kontan, jika hilang atau jatuh ke tangan orang jahat dapat segera diblokir dan mudah dalam penggunaannya. Contoh uang giral yaitu adalah seperti cek, giro, telegraphic transfer, dan lain-lain.
3. Uang Kuasi
Uang kuasi adalah surata atau sertifikat berharga yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah. Contoh uang kuasi adalah saham, obligasi, dan lain-lain.
-----
T

motivasi

motivasi sukses berbisnis


Untuk memulai suatu bisnis memang tidaklah mudah. Saat awal memulai bisnis kebanyakan orang hanya fokus dengan berapa modal uang yang diperlukan. Namun ketika mereka menemui jalan buntu dalam masalah modal yang tidak mereka miliki, akhrnya mereka pun akan memilih berhenti memikirkan ide bisnis. Maka sudah menjadi hal yang biasa jika peluang bisnis yang telah ada, hanya menjadi impian semata tanpa ada usaha untuk mewujudkannya.Sebenarnya modal uang bukanlah hal utama yang harus dimiliki seseorang untuk memulai sebuah bisnis, ada tiga hal lain yang lebih penting dari pada modal uang.
1.  Keberanian
Perasaan takut, ragu dan was – was sering menjadi penghalang terbesar untuk memulai bisnis baru. Hingga langkah kita untuk maju pun terhenti karena adanya perasaan takut, takut untuk mencoba, takut untuk bermimpi, takut untuk bertindak, dan takut jika gagal. Oleh karena itu, keberanian untuk melawan ketakutan yang ada pada diri kita merupakan modal utama yang harus kita miliki. Adanya keberanian akan membantu langkah Anda menuju kesuksesan yang selama ini hanya ada di impian Anda. Banyaknya ide serta banyaknya modal uang yang dimiliki tidaklah berguna jika tanpa adanya keberanian.
2. Ketekunan
Meraih kesuksesan dalam berbisnis tidaklah mudah, tidak sedikit rintangan yang harus dihadapi, dan kegagalan yang sering membayangi menjadi suatu hambatan yang menghiasi perjalanan menuju kesuksesan dalam berbisnis. Dalam menjalankan bisnis diperlukan perjuangan dan ketekunan. Orang yang berhasil meraih kesuksesan hanyalah orang – orang yang memiliki keyakinan yang kuat, konsisten, selalu bersungguh – sungguh dalam menjalankan bisnisnya dan pantang menyerah dengan kegagalan yang dihadapi. Dengan adanya kegagalan, seseorang dapat belajar tentang banyak hal.
3. Modal Nekat
Modal nekat sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis, namun nekat yang dibutuhkan adalah nekat dalam arti positif. Misalnya karena modal uang untuk bisnis belum dimiliki, akhirnya nekat membangun dan mematangkan ide bisnis yang dimiliki dengan mengajukan proposal bisnis berdasarkan ide yang dimiliki ke pihak – pihak investor. Dengan adanya ide bisnis yang matang, maka kita dapat menjadikan ide tersebut menjadi uang. Para investor tidak akan sungkan memberikan bantuan dana, jika ide bisnis yang diajukan memiliki peluang yang cukup bagus. Selain itu Anda juga bisa mengajak rekan Anda yang memiliki dana untuk kerjasama untuk menjalankan bisnis tersebut bersama. “Banyak jalan menuju Roma”, jika kita memiliki tekad yang kuat serta kesungguhan dalam berusaha membangun sebuah bisnis.
Mulailah Action dari sekarang, karena kesuksesan tidak akan menghampiri Anda secara tiba – tiba. Semoga motivasi sukses berbisnis ini dapat memberikan semangat baru bagi rekan – rekan bisnisUKM dalam merintis usaha. Salam Sukses.

MULAILAH BISNIS DENGAN,,,,,,



Ketika kita sudah menemukan sebuah konsep bisnis yang ingin dijalankan, biasanya kita tidak tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha tersebut. Disini akan dijelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai usaha. Hal ini dilakukan agar kita dapat membuka usaha dengan sistematis dan meminimalisir kesalahan ataupun kerugian akibat kesalahan perencanaan.
Secara umum, ada 5 hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuka usaha, yaitu :
  1. Produk.
  2. Sistem Manajemen.
  3. Analisa Pasar / Konsumen.
  4. Strategi Pemasaran.
  5. Analisa Keuangan.
Produk
Pertimbangan masalah produk ini menyangkut antara lain :
Apa keunggulan produk kita dibandingkan produk dari pesaing.
Apakah produk kita memiliki suatu nilai yang lebih dibanding pesaing.
Bagaimana cara memperoleh bahan baku serta berapa biaya bahan baku tersebut.
Apakah ada teknologi dalam pembuatan produk tersebut.
Apakah dalam membuat produk tersebut harus menggunakan tenaga ahli, atau bisa dilakukan siapa saja.
Jika bisa dilakukan siapa saja, bagaimana cara melatih mereka agar dapat membuat produk yang sesuai.
Apakah kemasan produk tersebut sudah menarik untuk dilihat.
Sistem Manajemen
Yang termasuk dalam sistem manajemen adalah :
Siapa pemilik usaha ini? Jika ada orang selain kita bagaimana tugas dan wewenangnya. Disarankan untuk menggunakan sistem kepemimpinan tunggal, tujuannya agar tidak ada kebijakan yang saling tumpang tindih serta pembagian tugasnya jelas.
Berapa jumlah kebutuhan ruangan untuk usaha ini, dan apakah usaha ini membutuhkan suatu ruangan khusus.
Bagaimanan sistem operasionalnya. Apakah perlu waktu untuk menyiapkan produk atau apakah kita perlu waktu dalam pengantaran produk tersebut.
Jika dilakukan pengiriman, apakah ada sistem pengepakan/pengemasan yang harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan.
Bagaimana jalur operasional untuk usaha ini, dari mulai anda mendapatkan bahan baku sampai produk tersebut dibeli oleh konsumen.
Analisa Pasar
Dalam analisa pasar, yang harus kita ketahui adalah :
Siapa target konsumen dari produk kita.
Apakah produk kita sudah pernah diujicobakan ke konsumen, dan bagaimana pendapat mereka.
Jika sudah tahu siap terget konsumen kita, apakah kita tahu keinginan dan kebutuhan mereka akan produk ini. Apakah mereka menginginkan hal lain agar dapat menikmati produk kita.
Siapa saja kompetitor kita dalam produk ini, dan bagaimana mereka melakukan pelayanan kepada konsumennya.
Strategi Pemasaran
Setelah kita mengetahui kondisi pasar dari produk ini, kita dapat menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar dan juga kondisi usaha kita. Berikut yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan strategi pemasaran :
Apa nama brand/merek produk kita. Apakah brand/merek tersebut cukup familiar didengar atau sulit diucapkan.
Jelaskan strategi penjualan produk ini agar sampai ke konsumen. Jika dalam melakukan penjualan memerlukan salesman, bagaimana cara agar salesman bisa menjual produk kita.
Apa kegiatan promosi / publikasi yang kita lakukan agar konsumen bisa tahu dan mencoba produk kita. Hal yang paling penting dalam promosi awal adalah konsumen harus tahu dan mencoba dari produk kita.
Bagaimana konsumen membeli produk kita. Apakah harus datang ke toko kita, atau kita yang mendatangi konsumen. Jika konsumen yang datang ke toko kita, apakah letak toko kita dekat dan mudah dengan konsumen. Jika kita yang mendatangi konsumen, dengan cara apa kita mendatangi konsumen. Apakah dengan sistem penitipan ke retail, supermarket atau melakukan penjualan langsung.
Analisa Keuangan
Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah analisa keuangan. Berikut pertimbangan dalam hal keuangan :
Berapa kebutuhan total investasi usaha kita
Darimana kebutuhan investasi tersebut terpenuhi ( siapa yang mensuplai atau beli darimana )
Darimana pendapatan usaha ini berasal. Jika memiliki banyak produk, berapa harga dari setiap produknya dan berapa target penjualan dari setiap produk.
Berapa harga pokok produk tersebut. Ini termasuk pembelian bahan baku, biaya pengangkutan bahan baku dan upah pembuatan produk.
Berapa biaya operasional setiap bulannya untuk menjalankan usaha ini. Dimasukan juga berapa penyusutan alat – alat yang memiliki masa waktu pakai.
Berapa keuntungan bersih setiap bulannya dan apakah keuntungan ini sesuai dengan biaya investasi yang kita keluarkan.
Diolah dari berbagi sumber

STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK KOMPETITOR

bisnis investasi bagus tapi sulit punya bisnis sukses. Diferensiasi produk tips bisnis sukses. Investor investasi bisnis bisa pakai strategi diferensiasi produk untuk menang persaingan bisnis vs perusahaan kompetitor.

Contoh kasus bisnis: es goyang tradisional vs ice cream franchise waralaba bisnis Amerika di mall mewah.

Pemilik bisnis es goyang tidak bisa memakai strategi harga es goyang murah. Target market mall mewah bukan konsumen sensitif harga dan kualitas es goyang di bawah kualitas ice cream franchise. Diferensiasi produk strategi bisnis bagus.

Es goyang tradisional punya keunggulan vs es krim franchise pada cara pembuatan es goyang yang tradisional. Es goyang dibuat dengan cara digoyang. Investor bisnis tradisional harus sadar bahwa tidak semua konsumen tahu keunikan es goyang.

Kemarin waktu beli es goyang, penjual es goyang tidak menggoyang mesin es goyangnya. Bila es goyang tidak digoyang buat apa konsumen beli es goyang? Penjual es goyang seharusnya menggoyang mesin pembuat ice cream.

Strategi bisnis sukses diferensiasi produk tidak hanya sampai tahap menemukan faktor pembeda dari produk saingan, tetapi informasi produk harus sampai pada konsumen.